9 Ciri-ciri Hamil Muda yang Sering Terjadi

9 Ciri-ciri Hamil Muda yang Sering Terjadi

ciri-ciri hamil muda

Hamil menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh mayoritas wanita dan mungkin oleh seluruh keluarga. Jadi, kamu perlu tahu nih apa saja ciri-ciri hamil muda, sehingga saat mengalaminya tidak terlalu kaget dan bisa mengatasinya.

Kapan Gejala Kehamilan Mulai Muncul?

Gejala kehamilan akan mulai muncul bahkan sebelum kamu melewatkan periode menstruasimu, segera setelah beberapa hari setelah pembuahan. Gejala lainnya juga mulai muncul sekitar satu minggu setelah sperma bertemu sel telur.

Konon, gejala awal kehamilan akan muncul pada waktu yang berbeda bagi setiap orangnya. Beberapa orang mungkin akan mengalami banyak gejala hamil muda, namun yang lainnya hanya merasakan beberapa gejala saja.

Jika kamu melewatkan periode menstruasi dan mengalami kelelahan, payudara lunak, mual di pagi hari, serta bercak, maka kamu disarankan untuk melakukan tes kehamilan di rumah dan pergi ke dokter untuk memastikan kevalidan hamil yang kamu alami.

Gejala Hamil Muda yang Muncul Sebelum Melewatkan Menstruasi

Tes kehamilan merupakan cara untuk mendapatkan jawaban pasti tentang kehamilanmu, namun gejala awal juga bisa memberikanmu petunjuk. Gejala yang dialami bahkan bisa dirasakan meski kamu belum melewatkan menstruasi. Berikut beberapa gejala hamil muda yang muncul sebelum melewatkan menstruasi.

  1. Peningkatan Suhu Tubuh

Jika kamu melakukan pengecekan suhu tubuh, maka kamu akan menyadari bahwa suhu tubuhmu di pagi hari meningkat sekitar 1 derajat dibandingkan hari-hari sebelumnya dan suhu tinggi ini akan bertahan selama kehamilan.

  1. Sensitivitas Bau

Orang yang hamil akan sangat sensitif terhadap penciumannya., bau yang sebelumnya dirasa ringan kini seakan-akan berubah menjadi bau yang kuat dan tidak menarik. Ini adalah gejala hamil muda yang paling banyak dialami wanita.

  1. Perubahan Payudara

Pada awal kehamilan, kamu akan merasakan payudara lembut serta aerola menggelap dan bergelombang. Gejala ini disebut-sebut sebagai persiapan bagi tubuh wanita untuk produksi ASI yang akan datang.

  1. Kelelahan

Saat kamu hamil, sebagian besar energi akan digunakan guna membangun plasenta, sistem pendukung kehidupan untuk bayimu. Semua itu bisa membuatmu berhenti beraktivitas seperti biasa dan menyebabkan kelelahan yang luar biasa.

  1. Pendarahan Implantasi

Beberapa wanita mengalami bercak ringan atau lebih dikenal sebagai pendarahan implantasi saat 6 hingga 12 hari setelah pembuahan. Arti dari pendarahan ini adalah bahwa embrio telah menanamkan dirinya ke dalam dinding rahim, yang mungkin disertai dengan kram mirip menstruasi.

  1. Perubahan Suasana Hati

Ciri ciri hamil muda keenam, yaitu perubahan suasana hati yang ekstrem. Hal ini terjadi karena perubahan hormonal. Kamu akan merasakan kemurungan, kacau, cemas atau perasaan yang biasanya terjadi ketika wanita sedang PMS.

Gejala Hamil yang Muncul Setelah Melewatkan Menstruasi

Sekarang mari membicarakan gejala hamil muda yang mulai muncul ketika kamu sudah melewatkan menstruasi. Gejala-gejala itu adalah kembung, morning sickness, dan air liur berlebih.

  1. Kembung

Perutmu akan kembung karena hormon progesteron. Progesteron memperlambat pencernaan, memberi nutrisi dari makanan yang kamu makan untuk memasuki aliran darah dan menyampaikannya pada janin. Kembung ini biasanya disertai sembeli, jadi perbanyak konsumsi serat.

  1. Morning Sickness

Perasaan mual bisa hinggap kapan saja, utamanya datang di pagi hari. Mulai sangat terasa ketika usia kehamilan mencapai 6 minggu atau lebih awal. Hormon progesteron menyebabkan perut kosong lebih lama, akibatnya gejala ini menyerupai mabuk laut.

  1. Air Liur Berlebih

Beberapa ibu hamil mengalami penumpukan air liur di awal kehamilannya. Gejala air liur berlebih ini akan dimulai pada trimester pertama dan dianggap sebagai cara tubuhmu melindungi mulut, gigi, serta tenggorokan dari efek korosif asam lambung.

Itulah 9 ciri ciri hamil muda yang paling sering terjadi atau dirasakan oleh ibu. Sekarang kamu sudah mengetahui gejala-gejalanya, sehingga ketika hamil nanti kamu jangan kaget jika mengalami semua ini.

Leave a Reply