Benarkah Cuka Apel untuk Diet Terbukti Efektif?

Benarkah Cuka Apel untuk Diet Terbukti Efektif?

Memiliki tubuh ideal dan sehat tentu menjadi impian setiap orang terutama wanita. Diet menjadi salah satu cara untuk memiliki tubuh ideal. Selain efektif untuk perawatan wajah, benarkah cuka apel untuk diet terbukti efektif? Berikut ulasannya.

Cuka apel dipercaya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Cuka apel memiliki kandungan asam asesat yang berasal dari fermentasi sari apel.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cuka apel dalam jangka waktu yang panjang dapat membantu menurunkan berat badan lebih mudah dan cepat. Zat asam yang terkandung dalam cuka apel efektif untuk mengontrol segala hal yang mendukung proses penurunan berat badan.

Orang dewasa dengan badan gemuk yang mengonsumsi 1 sendok teh atau 15 ml cuka apel mengalami penurunan berat badan 1.2 kg dalam 12 minggu. Jika mengonsumsi sebanyak 2 sendok teh atau 30 ml cuka apel maka dapat menurunkan berat badan hingga 1.7 kg dalam 12 minggu.

Manfaat Cuka Apel untuk Diet

Setelah mengetahui fakta bahwa cuka apel terbukti bisa menurunkan berat badan, lalu apa saja sih manfaat cuka apel untuk diet? Berikut akan dibahasa lebih detail mengenai manfaat cuka apel untuk Kamu yang sedang menjalankan program diet.

  • Meningkatkan metabolisme

Manfaat cuka apel untuk diet yang pertama adalah meningkatkan metabolisme. Kalori yang terkandung dalam cuka apel cukup rendah, jika dikonsumsi dengan tepat maka dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Menurut sebuah studi, cuka apel mampu meningkatkan enzim AMPK (AMP-activated protein kinase). Enzim tersebut ada di setiap sel yang memengaruhi proses pengolahan energi. Jadi saat AMPK aktif, enzim tersebut akan membakar lemak dalam tubuh menjadi sumber energi.

Dengan mengonsumsi cuka apel dapat meningkatkan kinerja enzim AMPK sehingga proses perubahan lemak menjadi energi menjadi lebih cepat.

  • Menekan nafsu makan

Dalam penelitian yang lain menyatakan bahwa kandungan asam asetat dalam cuka apel dapat menekan pusat otak yang mengendalikan nafsu makan. Jadi manfaat cuka apel untuk program diet ini akan menekan rasa lapar sehingga Kamu tidak akan makan dalam jumlah besar.

  • Menyerap kelebihan lemak tubuh

Sifat asam asesat yang terkandung dalam cuka apel dianggap mampu membantu penyerapan lemak dalam tubuh sehingga dapat mengendalikan proses penurunan berat badan.

Ketika asam asesat cuka apel menyerap kelebihan lemak tersebut dan dibakar dalam proses metabolisme, maka tubuh lebih minim menyimpan lemak yang menumpuk.

  • Mengontrol kadar gula darah

Manfaat cuka apel untuk diet yang selanjutnya adalah mengontrol kadar gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cuka apel meningkatkan sensitivitas insulin sekitar 19-34%. 

Jika sensitivitas insulin meningkat, gula yang berasal dari karbohidrat dapat diserap dengan baik oleh tubuh. 

  • Mengontrol kadar kolesterol

Cuka apel dapat menambah produksi kolesterol baik sekaligus dapat mengurangi kadar kolerterol jahat dan trigliserida. Manfaat lain adalah dapat menurunkan tekanan darah dengan menghambat enzim yang berperan dalam penyempitan pembuluh darah.

  • Melancarkan pencernaan

Jika Kamu sering mengalami masalah pencernaan, maka mengonsumsi cuka apel dapat membantu mengatasinya. Menurut para ahli, cuka apel adalah diuretik alami yang mampu mencegah dan mengatasi perut kembung serta sembelit.

Cuka apel membantu perutmu menjadi lebih nyaman, sehat dan ramping. Inilah alasan cuka apel baik untuk program diet.

Itulah beberapa manfaat cuka apel untuk diet. Konsumsi cuka apel dan kombinsaikan dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi serta olahraga secara teratur untuk mendapatkan hasil diet yang lebih optimal.

Leave a Reply