Menu Close

Cara Memakai Pembalut? Perhatikan 4 Langkah Ini

cara memakai pembalut dengan benar

Pembalut tentunya bukanlah menjadi barang yang asing lagi bagi wanita yang telah mengalami menstruasi. Pasalnya, pembalut akan selalu dibutuhkan saat wanita mengalami menstruasi setiap bulannya. Tapi, sebagian wanita mungkin tidak mengetahui pemilihan pembalut yang sesuai untuk kebutuhan harian mereka dan cara memakai pembalut yang benar.

Nah, bagaimana sih cara memakai pembalut? Yuk, kita pelajari bersama melalui artikel ini.

Langkah-langkah cara memakai pembalut dengan tepat
Bagi wanita yang baru memasuki masa pubertas dan mengalami menstruasi pertamanya, memakai pembalut mungkin akan terasa menyulitkan. Maka dari itu, peting untuk wanita mengetahui langkah-langkah cara memakai pembalut dengan tepat, sebagai berikut:

  1. Gunakan pembalut yang tepat
    Banyaknya jenis dan varian pembalut terkadang membuat wanita mengalami kebingungan untuk memilih pembalut yang tepat. Sangat penting untuk wanita menggunakan pembalut yang tepat sesuai dengan kebutuhan hariannya.

Jenis-jenis pembalut pada wanita antara lain:

  • Pembalut sekali pakai
  • Pembalut cuci pakai (reusable sanitary pads)
  • Menstrual cup, dll

Sementara, varian pembalut yaitu:

Varian ketebalan
Ketebalan pembalut berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan siklus menstruasi yang kamu rasakan. Jika aliran darah menstruasi sedang tinggi, pembalut maxi-super adalah pilihan terbaik. Sementara jika menstruasi sudah mulai mereda, maka dapat menggunakan varian ultra-thin agar lebih nyaman.

Varian daya serap
Untuk menentukan daya serap pembalut, ada baiknya setiap wanita mengetahui kekuatan daya serap dari masing-masing pembalut yang dijual. Terkadang, setiap brand pembalut memiliki tingkat daya serap yang berbeda-beda.

Varian bentuk pembalut
Pembalut memiliki varian bentuk serta ukuran yang berbeda-beda. Ini bergantung pada brand dan tujuan penggunaan harian. Varian bentuk pembalut ada yang memiliki sayap atau tanpa sayap, sementara varian ukuran berkisar dari 18 cm hingga 40 cm.

  1. Perhatikan penggunaan pembalut yang nyaman
    Perhatikan posisi badan saat hendak menggunakan pembalut, hal ini akan mempengaruhi penempatan pembalut agar meningkatkan kenyamanan pengguna.
  2. Perhatikan lapisan perekat pada pembalut
    Lapisan perekat pada pembalut ini bertujuan untuk menghindari pergeseran pembalut saat digunakan. Tentunya, pembalut yang tidak mudah tergeser akan membuat wanita lebih nyaman ketika beraktivitas.
  3. Gunakanlah pembalut dengan benar pada celana dalam
    Lapisan perekat pada pembalut akan menempel di celana dalam. Perhatikan juga celana dalam yang hendak kamu gunakan saat sedang menstruasi agar kenyamanan tetap terjaga.

Selain cara memakai pembalut dengan benar, wanita juga harus memperhatikan kebersihan organ intim dengan rutin mengganti pembalut. Normalnya, pembalut harus diganti setiap 4 jam sekali dan jangan digunakan lebih dari 8 jam.

Tidak lupa juga untuk selalu membersihkan organ intim bagi wanita saat mengganti pembalut. Hal ini bertujuan untuk menghindari iritasi dan pertumbuhan bakteri pada organ intim wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *