Menu Close

Pijat Ibu Hamil: Apakah Berbahaya?

Manfaat dan risiko pijat ibu hamil

Pada saat memasuki masa kehamilan, tidak jarang ibu hamil mengalami banyak kekhawatiran untuk menjaga kesehatan kandungannya. Biasanya hal ini akan membawa banyak pertanyaan antara hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Salah satunya adalah pijat ibu hamil, apakah aman dilakukan?

Kenali apa itu pijat ibu hamil
Pijat ibu hamil adalah suatu metode yang dilakukan pada saat masa kehamilan (prenatal) dan setelah melahirkan (postnatal).

Pijat ibu hamil biasanya dilakukan pada area khusus yang dibentuk untuk kenyamanan ibu hamil. Pijat ibu hamil ini biasanya bertujuan untuk mengurangi rasa sakit akibat kaki bengkak selama masa kehamilan atau sekadar membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih rileks.

Beberapa kasus menyebutkan bahwa pijat ibu hamil dapat membahayakan kesehatan kandungan hingga menyebabkan keguguran. Belum ada penelitian pasti mengenai hal ini, tapi agar menghindari adanya gangguan kesehatan kehamilan, ada baiknya ibu hamil tidak melakukan pijat saat trimester pertama atau dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

Apa saja manfaat pijat ibu hamil?
Manfaat pijat ibu hamil dapat dilihat dari beberapa penelitian yang telah dilakukan. Manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu hamil antara lain:

  1. Membantu mengurangi kecemasan berlebih pada ibu hamil
  2. Mengurangi rasa sakit atau nyeri punggung dan nyeri kaki
  3. Memperbaiki kualitas tidur ibu hamil
  4. Menurunkan hormon stres norepinefrin sehingga tubuh lebih rileks

Selain itu, pijat ibu hamil juga dapat menurunkan tingkat depresi yang dialami selama masa kehamilan dengan meningkatkan hormon baik, seperti serotonin dan dopamin.

Apa saja yang harus perhatikan saat melakukan pijat ibu hamil?
Pijat ibu hamil memiliki beberapa risiko yang mungkin dapat mengganggu kesehatan ibu hamil, seperti:

  1. Menimbulkan preeklamsia
  2. Tekanan darah tinggi pada ibu hamil
  3. Merangsang terjadinya perdarahan
  4. Menimbulkan risiko diabetes gestasional

Maka dari itu, ada baiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan terkait dengan pijat ibu hamil ini. Jika pijat ibu hamil dilakukan pada trimester pertama kehamilan, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah-masalah kesehatan, seperti:

  1. Memperbesar risiko bayi lahir prematur
  2. Meningkatkan risiko darah tinggi
  3. Meningkatkan risiko gangguan pembekuan darah
  4. Mengalami masalah plasenta previa

Bagi kamu ibu hamil, yuk segera konsultasikan kesehatan kehamilan kamu sebelum kamu mengambil terapi pijat ibu hamil ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *