Begini Cara Mengatasi Nyeri Haid Saat Sekolah

Begini Cara Mengatasi Nyeri Haid Saat Sekolah

Nyeri perut merupakan hal menjengkelkan yang dirasakan oleh wanita saat sedang menstruasi. Dapat terjadi dimana saja, hal ini juga dapat terjadi di sekolah. Untuk itu sangat penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengatasi nyeri haid saat di sekolah agar tak mengganggu aktivitas belajarmu.

Penyebab Terjadinya Nyeri Haid Secara Umum

Disminore atau nyeri haid bisa disebabkan karena berbagai hal. Meskipun jadi hal wajar bagi wanita, namun jika terjadi secara berulang dan dengan intesitas rasa sakit berlebih maka perlu diwaspadai. 

Normalnya, nyeri haid disebabkan karena adanya kontraksi otot dalam rahim. Saat sedang mengalami siklus menstruasi,  dinding rahim wanita akan berkontraksi jauh lebih kencang saat mengeluarkan sel telur. Nah, proses keluarnya sel telur dan menebalnya dinding rahim adalah penyebab mengapa kamu selalu merasa nyeri saat haid. 

Selain karena sebab tersebut, nyeri haid juga bisa mengindikasikan adanya penyakit tertentu. Untuk itu, jika merasakan rasa sakit hingga mengganggu aktivitas dan terjadi secara berulang sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. 

Cara Mengatasi Nyeri Haid Saat di Sekolah

Nyeri haid tentunya saat mengganggu aktivitas kamu di sekolah. Untuk itu kami telah menyediakan beberapa cara mengatasi nyeri haid saat di sekolah yang dapat kamu coba:

  1. Bawalah pembalut dan celanda dalam

Mungkin bagi sebagian remaja akan memalukan jika mereka harus membawa seperangkat alat menstruasi tersebut. Namun, hal ini penting untuk kamu lakukan, lho! Dengan ketidakaturan mengenai datangnya menstruasi yang bisa saja datang sewaktu-waktu, setidaknya kamu memiliki pembalut dan celana dalam cadangan yang bisa kamu gunakan.

Kamu bisa menyimpannya di wadah khusus yang kemudian kamu letakkan pada tas yang sering kamu bawa ke sekolah. Adanya pembalut akan meminimalisir kebocoran darah saat terjadi menstruasi di sekolah. Kemudian celana dalam cadangan bisa kamu gunakan sebagai ganti celanda dalam yang sudah kamu gunakan sebelumnya.

  1. Bawalah obat pereda nyeri

Rasa nyeri saat haid di sekolah tentu akan mengganggu fokus belajar kamu. Hal ini bisa kamu atasi dengan selaku membawa obat pereda nyeri. Kamu bisa mengonsumsi obat penyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol. Gunakanlah ketika kamu tidak sanggup untuk menahan rasa nyeri yang timbul akibat haid.

  1. Buat jadwal menstruasimu

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat jadwal menstruasi kamu. Dengan ini kamu akan tahu perkiraan kapan kamu akan mengalami haid atau menstruasi di bulan berikutnya. 

Sekarang juga banyak aplikasi yang menyediakan layanan jadwal menstruasi. Kamu bisa menggunakan untuk mengecek perkiraan menstruasi kamu akan terjadi kapan.

Dengan mengetahui hal tersebut, kamu bisa bersiap-siap menghadapinya dengan membawa pembalut, celana dalam cadangan, dan juga obat pereda nyeri jika memang kamu akan mengalami menstruasi sewaktu ada kegiatan sekolah.

  1. Datang ke UKS

Jika kamu tidak membawa obat pereda nyeri padahal rasa nyeri tersebut sangatlah mengganggu, kamu bisa datang ke UKS di sekolah kamu. Kamu bisa meminta tolong kepada salah satu teman kamu yang bertugas sebagai PMR untuk membantu kamu menuju ke UKS jika keadaan kamu menyulitkan kamu untuk berjalan sendiri.

Dengan kamu datang ke UKS, nantinya petugas yang bertugas di sana akan memberikan penangan yang tepat terhadap rasa nyeri yang kamu alami. Itu tadi penjelasan mengenai cara mengatasi nyeri haid di sekolah yang dapat kamu coba. Semoga bermanfaat dan bisa membuat harimu menyenangkan meskipun sedang haid.

Leave a Reply