Kenali 8 Cara Mengatasi Cemas Berlebihan

Kenali 8 Cara Mengatasi Cemas Berlebihan

Perasaan khawatir itu wajar. Namun, kekhawatiran itu jadi tidak wajar jika kamu cemas berlebihan. Kalau kamu terlalu cemas, kamu tidak dapat menikmati hidup. Hari-hari yang kamu jalani terasa menyedihkan dan berlangsung lebih lama.

Karena itu, kamu perlu tahu cara mengatasi cemas berlebihan. Di artikel ini, kamu bisa mengetahui semuanya. Yuk, baca!

Apa Itu Cemas Berlebihan?

Perasaan cemas dikatakan berlebihan jika kamu tidak dapat mengontrolnya. Setiap hari, perasaan cemas itu menggerogoti dirimu sehingga kamu tidak bisa berpikir dengan jernih.

Hal yang menganggu pikiran itu ada banyak macamnya. Misalnya, kamu mungkin merasa cemas terhadap pekerjaan, keluarga, pasangan, keuangan, akademis, kesehatan, keadaan di sekitarmu, atau hal lain yang sifatnya pribadi. 

Risiko Cemas Berlebihan

Rasa cemas berlebihan itu sendiri merupakan salah satu gejala masalah kesehatan mental, yaitu:

  1. Obsessive-compulsive disorder (OCD)

OCD adalah penyakit kesehatan mental di mana penderitanya berpikir berlebihan dan melakukan suatu aktivitas berulang-ulang. Misalnya terus menerus mengecek pintu rumah yang telah terkunci.

  1. Generalized anxiety disorder (GAD)

GAD adalah salah satu gangguan kecemasan. Orang yang menderita GAD sering cemas, berkeringat, tidak bisa santai, gemetar, sakit kepala, dan sulit tidur.

  1. Major depressive disorder (MDD)

Selain cemas berlebihan, seseorang dengan MDD biasanya sulit tidur, sering merasa tersinggung, dan sering merasa sedih.

Cara Mengatasi Cemas Berlebihan

Jangan khawatir. Jika kamu terlalu khawatir, rasa cemas yang kamu alami pun akan bertambah parah.

Kamu bisa mengikuti cara mengatasi cemas berlebihan ini untuk mengurangi rasa cemasmu:

  1. Istirahat yang cukup

Bisa jadi, kecemasan yang kamu alami terjadi karena kurang tidur. Sehingga untuk mengatasinya, kamu hanya perlu beristirahat yang cukup. Tidurlah selama 8 jam setiap hari.

  1. Berolahraga secara teratur

Membuat tubuhmu bergerak adalah salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecemasan. Saat kamu bergerak, detak jantungmu meningkat, begitu pula dengan sistem imunitasmu.

Kamu tak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat jika tidak terbiasa. Sekadar jalan santai atau workout ringan sudah cukup untuk meringankan beban pikiranmu.

  1. Melakukan latihan pernapasan

Melatih pernapasan bisa membuatmu tenang. Sehingga, kamu tak akan lagi cemas.

Salah satu latihan pernapasan yang bermanfaat untuk meredakan kecemasan adalah menarik napas sedalam-dalamnya. Setelah dihembuskan, kamu bisa mengulangi langkah ini selama 2 hingga 5 menit.

  1. Melakukan yoga dan meditasi

Meditasi dan yoga bisa membuat pikiranmu jadi tenang. Saat kamu yoga atau meditasi, kamu akan fokus pada hal-hal yang terjadi sekarang. Sehingga, kamu tidak akan ingat hal di masa depan atau masa lalu yang membuatmu khawatir.

Meditasi bisa membuatmu tenang karena meditasi menurunkan hormon adrenalin dan kortisol. Kedua hormon ini dilepas ketika kamu sedang merasa stres.

  1. Mengurangi konsumsi kafein

Kafein bisa memperparah rasa cemas, bahkan menyebabkan anxiety. Pada beberapa orang yang mengalami cemas, kafein juga dapat menyebabkan serangan panik.

Ini disebabkan karena kafein dapat memicu adrenalin. Jika kamu sering merasa cemas, kurangi kafein sebisa mungkin.

  1. Memahami kekhawatiranmu

Apa yang membuatmu khawatir? Cari tahu dan pahamilah. Kalau kamu sendiri tidak mengerti mengapa kamu khawatir, akan sulit untuk mengatasinya.

Kamu bisa menulis hal-hal yang menganggu pikiranmu dalam selembar kertas. Lalu, kamu bisa menentukan apakah kekhawatiran itu bisa kamu kontrol apa tidak. Misalnya kekhawatiran terhadap orang-orang yang membicarakanmu di belakang tidak bisa dikontrol. Sementara, kekhawatiran mengenai presentasi mendatang bisa kamu kontrol dengan terus berlatih agar tak lagi khawatir.

  1. Berkomunikasi dengan orang lain

Perasaan kesepian dapat memperparah rasa cemas. Karena itulah, jika kamu tak ingin kecemasan bertambah parah, kamu bisa berkomunikasi dengan orang lain.

Menjaga komunikasi bisa menurunkan kecemasan dan meningkatkan usia harapan hidup.

  1. Berkonsultasi dengan psikolog

Cara paling efektif yang bisa kamu lakukan jika rasa cemasmu tak kunjung hilang adalah dengan berkonsultasi dengan psikolog.

Psikolog bisa mendengarkan kekhawatiranmu, tanpa menghakimi. Selain itu, psikolog juga bisa memberimu tips untuk mengatasi cemas berlebihan.

Cemas berlebihan, jangan dibiarkan. Kalau kamu tidak melakukan apa-apa, rasa cemas justru akan merusak harimu. Karena kamu telah membaca cara mengatasi cemas berlebihan, sekarang kamu hanya perlu mempraktekkannya. Tetap semangat!

Leave a Reply