Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

cara menurunkan berat badan setelah melahirkan

Memiliki badan yang langsing merupakan idaman semua wanita tidak terkecuali bagi wanita yang telah melahirkan. Selama kehamilan, perubahan hormon biasa terjadi yang bisa mengakibatkan pertambahan berat badan cukup pesat. 

Tidak sedikit wanita yang setelah melahirkan merasa kurang percaya diri dengan badannya yang tidak sebagus sebelumnya. Namun kamu tidak perlu khawatir, di artikel ini akan dijelaskan cara menurunkan berat badan setelah melahirkan. Berikut adalah ulasannya.

Berat badan naik setelah melahirkan

Menurut The Centers of Disease Control and Prevention, sebagian wanita akan mengalami perubahan berat badan atau berat badan meningkat saat hamil. Meningkatnya berat badan tersebut diakibatkan oleh bayi dalam kandungan, pembesaran rahim, plasenta, dan lemak ekstra sebagai pendukung energi untuk melahirkan.

Sayangnya, penambahan berat badan yang ekstrim pada ibu hamil bisa membawa risiko penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung. Oleh karena itu, menerapkan diet setelah masa kehamilan merupakan solusi agar terhindar dari penyakit tersebut.

Cara menurunkan berat badan saat melahirkan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan pasca melahirkan, sebaiknya tunggu beberapa waktu setelah kamu benar-benar pulih. Tidak memberikan jeda antara masa persalinan dan diet, akan dikhawatirkan terjadi baby blues pada ibu. 

Sangat disarankan menunggu 6 – 8 minggu lamanya setelah melahirkan untuk memulai diet. Jika ragu, kamu bisa mendiskusikan dengan dokter kapan waktu yang terbaik untuk memulai diet.

Setelah kamu siap, lakukan beberapa cara ini agar berhasil menurunkan berat badan setelah melahirkan.

1. Memperhatikan pola makan

Perhatikan asupan makanan harian yang kamu konsumsi. Dengan melakukan ini, kemungkinan keberhasilan untuk menurunkan berat badan sangat besar. Makan sayuran dan buah-buahan yang cukup. Pastikan makanan yang kamu konsumsi juga memiliki protein tinggi. Selain itu, kontrol porsi makan dalam sehari.

2. Makan makanan tinggi protein

Cara manjur agar turun berat badan adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti daging merah, telur, dada ayam, kacang-kacangan.

3. Minum air putih

Sering minum air putih bisa menghilangkan lemak pada tubuh. Sebaiknya kamu hindari minum-minuman manis karena mengandung gula yang tinggi dan berat badan mudah naik.

4.Menyusui bayi

Menyusui bayi juga bisa menurunkan berat badan ibu. Menyusui juga bisa mengecilkan ukuran lingkar pinggang. Hal ini sudah dibuktikan banyak wanita bahwa menyusui bisa mengembalikan berat badan mereka seperti sebelumnya.

5. Olahraga

Rutin berolahraga bisa memaksimalkan program penurunan berat badan. Tidak cukup jika kamu hanya mengkonsumsi makan-makanan protein. Alangkah baik jika kamu juga rutin berolahraga.

Diet sehat setelah melahirkan

Berikut adalah beberapa diet sehat setelah melahirkan yang bisa kamu terapkan:

  • Tingkatkan asupan makanan tinggi protein
  • Hindari makanan atau minuman tinggi gula
  • Jangan melewatkan sarapan
  • Konsumsi makanan rendah lemak

Tips berolahraga setelah melahirkan

Setelah melahirkan bukan berarti kamu tidak boleh berolahraga. Berikut adalah beberapa tips berolahraga:

  • Sempatkan olahraga minimal 150 menit dalam seminggu
  • Mulailah olahraga dengan gerakan sederhana
  • Gunakan pakaian olahraga yang sesuai
  • Lakukan olahraga berenang
  • Sebelum olahraga, berikan ASI pada bayi

Leave a Reply