3 Tips Menggunakan Pembalut Kain

3 Tips Menggunakan Pembalut Kain

Di zaman sekarang, ada banyak jenis pembalut yang beredar di pasaran. Salah satu pembalut yang digunakan oleh wanita ketika menstruasi adalah pembalut kain. Seperti namanya, pembalut kain merupakan jenis pembalut yang terbuat dari kain dan digunakan untuk menyerap cairan menstruasi wanita.

Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang pembalut yang memiliki banyak corak ini. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Cara Menggunakan Pembalut Kain

Seperti pemakaian pembalut pada umumnya, kamu cukup memasang pembalut ini di pakaian dalammu. Pembalut kain ini memiliki berbagai ukuran yang berbeda, lho! Jadi, kamu bisa menyesuaikan tingkat aliran menstruasi dengan berbagai pilihan ukuran pembalut yang dijual di pasaran.

Kamu harus mengganti pembalut yang kamu gunakan ketika sudah terasa penuh dan tidak nyaman. Kamu bisa mengganti pembalut yang kamu pakai selama empat sampai dengan delapan jam sekali. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan.

Cara Membersihkan Pembalut Kain

Kamu mungkin bertanya-tanya tentang cara membersihkan pembalut kain yang baik dan benar. Sederhananya, saat kamu merawat dan membersihkan jenis pembalut ini, kamu perlu untuk mengikuti petunjuk yang disertakan pada produk yang kamu gunakan.

Namun, secara umum, jenis pembalut ini dapat dibersihkan dan dirawat layaknya kamu membersihkan pakaian kotor pada umumnya. Kamu bisa membersihkan pembalut ini dengan menggunakan sabun dan air yang higienis.

Apabila kamu khawatir dengan noda yang membekas di pembalut, kamu bisa merendam pembalutmu di dalam air dingin. Setelah beberapa saat, kamu bisa mengambil pembalut yang sudah terendam tersebut, kemudian mencucinya seperti biasa.

Tips Menggunakan Pembalut Kain yang Baik

1. Pilih Pembalut Sesuai dengan Alirannya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pembalut yang terbuat dari kain tersedia dalam berbagai tingkat daya serap. Hal ini juga berlaku untuk pembalut sekali pakai. Oleh karena itu, kamu perlu memahami tingkat aliran menstruasi agar bisa menentukan pembalut yang nyaman dan pas untuk digunakan, ya.

2. Rawat dan Bersihkanlah Pembalut Secara Rutin

Meskipun kamu memiliki banyak hal yang perlu dilakukan, kamu tetap perlu untuk merawat dan membersihkan pembalut secara rutin. Hal ini akan membantumu terhindar dari berbagai macam penyakit dan infeksi organ tertentu pada tubuhmu.

Rutinitas merawat dan membersihkan pembalut kain juga dapat membantumu untuk lebih leluasa menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan pembalut yang kamu pakai sudah terjamin kebersihan dan kenyamanannya.

3. Pilih Produk yang Aman dan Berkualitas

Sebelum membeli pembalut kain yang kamu suka, kamu perlu memastikan kualitas produk terlebih dahulu. Kamu bisa mencari tahu tentang kualitas dan kebersihan bahan. Selain itu, apabila memungkinkan, kamu juga bisa mencari tahu apakah produk tersebut diproduksi sesuai dengan aturan kesehatan.

Kamu juga bisa melihat ulasan dari pembeli sebelumnya untuk memastikan kualitas produk yang akan kamu beli. Hal-hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir risiko terkena penyakit atau infeksi yang tidak diinginkan. Selain itu, hal ini dilakukan untuk memastikan pendapatmu digunakan untuk hal-hal yang berkualitas.Apabila kamu masih merasa belum terlalu yakin untuk menggunakan pembalut kain ketika menstruasi, kamu bisa mengkonsultasikan nya dengan ahlinya, lho! Kamu bisa menanyakan hal-hal yang perlu disampaikan ke dokter yang ahli di bidangnya. Kamu juga bisa meminta rekomendasi tertentu dari ahli medis agar lebih yakin saat membeli produk pembalut kain.

Leave a Reply