Mengenal Macam-macam Pembalut

Mengenal Macam-macam Pembalut

macam macam pembalut menstruasi untuk wanita

Ketika menstruasi datang, pembalut wajib dipakai oleh semua wanita yang bertujuan untuk menyerap darah haid. Terdapat berbagai macam pembalut yang wanita bisa gunakan menyesuaikan kondisi saat menstruasi. 

Tahukah kamu jika pembalut memiliki berbagai macam jenis? Yuk, kenali macam-macam pembalut

  1. Pembalut cuci ulang (reusable sanitary pads) 

Pembalut jenis ini tidak hanya ramah kantong karena bisa digunakan berkali-kali, tetapi juga baik bagi lingkungan dengan mengurangi sampah. Pembalut cuci ulang biasanya berupa pembalut kain dengan lapisan atas, lapisan inti penyerap, dan lapisan bawah kedap air. 

Pembalut kain menggunakan bahan dasar sutra, katun, dan rami. Tidak berbeda dengan pembalut biasanya, pembalut kain juga memiliki sayap atau klip. Keuntungan menggunakan pembalut ini adalah bisa digunakan berkali-kali hingga 2 atau 3 tahun lamanya. 

  1. Pembalut sekali pakai (disposable sanitary pads) 

Berbeda dengan pembalut kain, pembalut sekali pakai tidak bisa dipakai berulang kali alias langsung dibuang setelah digunakan. Bagian-bagian pembalut sekali pakai terdiri dari bantalan pembalut pada bagian tengah dan lapisan perekat pada bagian bawah. 

Pembalut jenis ini memiliki lapisan teratas yang terbuat dari plastik untuk memberi jarak antara vagina dan bantalan kapas. Plastik ini juga berguna sebagai pengering kulit. 

Sementara itu, di bagian tengah atau bantalan terbuat dari bahan organik maupun non-organik yang bertujuan untuk menyerap dan menyimpan darah menstruasi. Di bagian ini memiliki gel polyacrylate untuk menahan darah dan mencegah kebocoran. 

Sama seperti sayap di sisi kanan dan kiri, perekat di bagian bawah berguna untuk menahan pembalut agar tidak bergeser.

Variasi pembalut dan fungsinya

Nah, pembalut tidak sekedar menyerap darah menstruasi. Pembalut memiliki peran lainnya tergantung kebutuhan. Agar kamu lebih tahu, berikut adalah beberapa variasi pembalut dan fungsinya. 

  1. Pembalut bersayap

Pembalut ini memiliki bentuk klasik namun memiliki tambahan sayap di sisi kanan dan kiri. Pembalut bersayap akan sangat membantu wanita yang memiliki banyak aktivitas karena sayap tersebut bisa menahan pergeseran yang memicu kebocoran.

  1. Pembalut tanpa sayap

Pembalut tanpa sayap biasa digunakan saat sedang santai atau tidak terlalu banyak aktivitas. Pembalut ini juga lebih fleksibel dipakai dan terkesan tidak kaku. 

  1. Pembalut nifas

Pembalut nifas berbeda dengan pembalut pada umumnya. Pembalut nifas didesain khusus untuk ibu hamil yang telah melahirkan atau sedang dalam masa nifas. Bentuk panjang dan lebarnya lebih besar daripada pembalut biasa. Sebab saat nifas akan mengeluarkan volume darah yang lebih tinggi. 

  1. Pembalut malam

Pembalut malam juga memiliki desain khusus yang membuat kamu tidur lebih nyenyak dan tidak khawatir bocor saat tidur. Pada bagian belakang pembalut didesain lebih lebar untuk menyerap darah. Sebab posisi berbaring membuat darah lebih banyak mengalir menuju bagian belakang. 

  1. Pembalut panjang

Pembalut ini bisa menampung darah menstruasi lebih banyak. Sangat cocok untuk kamu yang sedang haid di hari pertama. 

Alternatif lain pengganti pembalut

Apakah kamu mengira hanya ada satu  pembalut saja? Jawabannya adalah tidak. Kamu bisa menggunakan alternatif lain jika tidak cocok menggunakan pembalut. Berikut adalah alternatif lain pengganti pembalut. 

  1. Tampon

Tampon berbentuk tabung memanjang yang terbuat dari kapas. Cara menggunakan tampon adalah memasukkan tampon ke dalam vagina. Jika ingin mengeluarkan tampon, kamu cukup menarik tali pada ujung tampon hingga tampon keluar seutuhnya. 

  1. Menstrual cup

Jenis ini berbentuk cawan kecil yang berguna untuk menampung darah haid. Berbahan dari silikon yang membuat sifat menstrual cup sangat fleksibel dan bisa menyesuaikan bentuk vagina. Pada ujung menstrual cup, terdapat ujung kecil sebagai alat bantu menarik cawan kecil dari dalam vagina setelah dipakai. Cawan tersebut dimasukkan ke dalam vagina dengan melipat sedikit bagian cawan kemudian dimasukkan ke vagina. 

Demikian penjelasan mengenai macam-macam pembalut.

Leave a Reply