Selaput Dara Itu Letaknya Dimana? Ini Jawabannya!

Selaput Dara Itu Letaknya Dimana? Ini Jawabannya!

letak selaput dara pada wanita

Selaput dara menjadi bagian penting pada daerah kewanitaan. Namun, masih banyak yang belum tahu selaput dara itu letaknya dimana dan apa hubungannya dengan keperawanan. Melalui ulasan berikut, kamu akan mengetahui fakta-fakta penting mengenai selaput dara.

Apa itu Selaput Dara?

Selaput dara atau hymen merupakan jaringan tipis berdaging yang letaknya di bagian pembukaan vaginamu. Banyak orang yang mengira bahwa selaput dara benar-benar menutupi lubang vaginamu, tetapi nyatanya tidak demikian.

Secara alami, selaput dara mempunyai lubang yang cukup besar untuk keluarnya darah haid, sehingga kamu bisa menggunakan tampon dengan nyaman. Akan tetapi, sama seperti bagian tubuh lainnya, ukuran selaput dara bisa berbeda tiap orangnya.

Beberapa orang dilahirkan dengan jaringan selaput dara yang sangat sedikit, seolah-olah mereka tidak memiliki selaput dara sama sekali. Dalam beberapa kasus, ada juga orang yang mempunyai selaput dara menutupi seluruh lubang vagina.

Apakah Mempunyai Selaput Dara Berarti Kamu Masih Perawan?

Selaput dara sering dikaitkan dengan ciri-ciri gadis yang masih perawan, tetapi apakah itu benar? Perawan sendiri diartikan sebagai seseorang yang belum pernah berhubungan seks. Ketika berhubungan seks, salaput dara akan terbuka untuk pertama kalinya dan bisa menyebabkan rasa sakit atau pendarahan.

Pendarahan yang terjadi biasa diartikan bahwa gadis itu melakukan seks untuk pertama kalinya. Pada kenyataannya, hal tersebut tidak terlalu berkaitan karena kembali lagi pada pembahasan awal bahwa ukuran selaput dara seseorang berbeda satu sama lainnya.

Ada yang dilahirkan dengan selaput dara yang memang sudah terbuka secara alami. Juga ada kegiatan lain yang bisa merenggangkan selaput dara, misalnya mengendarai sepeda, berolahraga, kecelakaan, hingga memasukkan sesuatu ke dalam vagina, contohnya memasukkan tampon, jari, atau mainan seks.

Fakta Terkait Selaput Dara

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai selaput dara, kamu harus tahu fakta-fakta lainnya, sehingga kamu juga bisa menjawab pertanyaan mengenai selaput dara itu letaknya dimana.

  1. Selaput Dara Tidak Menutupi Vagina

Berasal dari bahasa Yunani, selaput dara berarti sepotong kecil kulit yang ditemukan di dalam lubang vagina. Berlawanan dengan namanya, selaput dara bukanlah selaput lengkap yang menutupi lubang vagina secara penuh, dicirikan dengan darah menstruasi yang bisa melewati vagina.

  1. Selaput Dara Sangat Bervariasi

Selaput dara tiap orang berbeda-beda. Beberapa dari mereka mungkin mempunyai selaput dara yang besar, mempunyai pinggiran, sementara yang lainnya mungkin lebih berbentuk lobus, atau bulat, atau bahkan menyerupai bentuk bulan sabit.

Kamu bisa memeriksa bentuk selaput daramu sendiri. Caranya dengan melihat sendiri di rumah dengan memanfaatkan cermin tangan dan senter. Selaput dara mungkin akan terlihat jika kamu membelah labia di vulvamu dan melihat ke dalam saluran vagina.

Jangan khawatir, jika kamu tidak menemukan selaput daramu karena ukurannya memang kecil, sehingga mungkin saja tidak terlihat sama sekali menggunakan mata telanjang.

  1. Ujian Keperawanan Tidak Diakui Secara Medis

American College of Obstetricians and Gynecologists menyatakan bahwa mereka tidak bisa memberikan panduan tentang tes keperawanan karena keperawanan tidak bisa dinilai dari melihat vaginanya saja. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan bahwa tes keperawanan telah melanggar hak asasi manusia. 

Itulah penjelasan mengenai selaput dara. Kini kamu bisa menjawab dengan lantang jika ada pertanyaan selaput dara itu letaknya dimana, yaitu di bagian pembukaan vagina atau bisa juga menjawab di dalam lubang vagina.

Leave a Reply