10 Macam-macam Phobia yang Aneh dan Jarang Terdengar

10 Macam-macam Phobia yang Aneh dan Jarang Terdengar

Phobia merupakan kata yang sangat familiar bagi banyak orang. Phobia dapat diartikan sebagai rasa takut yang berlebihan terhadap suatu hal. Menurut riset, phobia bisa disebabkan karena faktor genetik dan lingkungan. Selain itu, faktor seperti ketakutan atau trauma saat pertama bertemu dengan objek juga bisa menjadi pemicu.

Selama ini, orang-orang mengenal macam-macam phobia yang umum seperti claustrophobia (phobia tempat sempit), agoraphobia (takut dengan tempat terbuka), acrophobia (takut ketinggian), atau nyctophobia (takut kegelapan). Namun ada beberapa macam phobia yang terbilang aneh dan jarang terdengar. Simak penjelasannya di bawah ini!

Macam-macam Phobia yang Aneh dan Jarang Terdengar

  1. Lachanophobia

Lachanophobia adalah ketakutan terhadap sayur-sayuran. Mereka yang mengalami phobia ini akan merasa mual dan bahkan sampai sesak napas ketika melihat berbagai sayuran seperti bayam, brokoli, atau sawi. Namun perlu diketahui bahwa phobia ini berbeda dengan rasa tidak suka sayur sepreti yang dialami anak-anak karena lachanophobia menciptakan efek yang lebih parah.

  1. Plutophobia

Jika umumnya seseorang ingin menjadi kaya raya dan punya banyak uang agar bisa membeli apa pun yang mereka mau, maka photophobia adalah sebaliknya. Phobia ini membuat penderitanya merasa takut terhadap uang dan segala bentuk kekayaan.

Para penderita photophobia umumnya akan menghindari pekerjaan atau aktivitas yang berpotensi menghasilkan uang. Adapun penyebab dari phobia ini yaitu faktor seperti tanggung jawab besar untuk memegang uang atau kehilangan harta dalam jumlah banyak di masa lalu.  

  1. Ablutophobia

Ablutophobia adalah ketakutan dengan hal-hal yang berhubungan dengan kondisi basah termasuk air dan kebersihan seperti mandi atau mencuci tangan. Dengan demikian, para penderita phobia ini umumnya akan merasa takut untuk mandi sehingga menimbulkan bau badan yang berakibat pada terganggunya hubungan sosial.

Phobia ini umumnya dialami oleh anak-anak. Penyebabnya adalah karena efek traumatis yang dialami penderita sehubungan dengan air dan kondisi basah.   

  1. Globophobia

Globophobia adalah ketakutan berlebih terhadap balon. Phobia ini memiliki level yang berbeda mulai dari ketakutan saat berada di dekat sebuah balon hingga ketakutan untuk mengunjungi tempat yang membuat penderita bisa menemukan balon seperti toko mainan atau pesta. 

Phobia ini bisa diderita oleh siapa pun dengan anak-anak sebagai penderita paling parah karena mereka berkemungkinan untuk sering berinteraksi dengan balon. Adapun penyebab globophobia adalah akibat trauma dengan balon atau pernah dikejutkan dengan suara letusan balon. 

  1. Eisoptrophobia

Eisothophobia adalah ketakutan terhadap kaca atau benda yang memantulkan bayangan. Ketakutan ini umumnya berasal dari hal takhayul seperti anggapan bahwa kaca bisa memunculkan hantu secara tiba-tiba atau akibat dari rendahnya kepercayaan diri sehingga menganggap bahwa berkaca justru membuat wajah menjadi lebih buruk. 

  1. Cyberphobia

Cyperphobia adalah ketakutan dengan hal-hal yang berhubungan dengan teknologi. Umumnya cyberphobia dialami oleh orang dewasa atau lansia yang memiliki masalah untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan pengoperasian berbagai gadget. Phobia ini bisa semakin parah apabila penderitanya merasa khawatir jika mendapat celaan terkait kurangnya pengetahuan dalam teknologi.

  1. Nomophobia

Nomophobia adalah ketakutan karena jauh dari ponsel. Namun selain itu, ketakutan dengan baterai ponsel yang habis atau ponsel rusak juga digolongkan ke dalam phobia satu ini. Nomophobia banyak terjadi pada anak-anak muda karena sudah mengalami kecanduan sehingga enggan untuk berpisah dari ponsel. 

  1. Pedophobia

Pedophobia adalah rasa takut berlebihan ketika bertemu atau melihat anak-anak termasuk bayi. Biasanya orang-orang yang mengalami phobia ini akan merasakan cemas yang luar biasa saat berada di dekat atau di sekitar anak-anak sehingga akan menghindari tempat, kondisi, dan media yang melibatkan si kecil. 

  1. Vestiphobia

Ketika di luar sana ada banyak orang yang rela membeli baju dengan harga mahal agar bisa tampil fashionable, maka lain halnya dengan orang-orang yang memiliki vestiphobia atau ketakutan terhadap pakaian.

Phobia ini bisa muncul akibat hal sederhana seperti seringnya mendapat atau mencoba baju yang kekecilan, atau karena efek traumatis seperti orang yang takut melihat pakaian dengan warna tertentu karena pernah berurusan dengan penjahat yang memakai pakaian dengan warna tersebut.

  1. Deipnophobia

Deipnophobia adalah rasa takut ketika makan bersama orang lain. Penderita phobia ini umumya akan merasa cemas ketika harus menghadiri acara makan-makan, apalagi jika harus berinteraksi bersama orang lain yang datang dalam pesta. Phobia ini sangat erat kaitannya dengan ketakutan dalam interaksi sosial.  

Deipnophobia biasanya disebabkan karena trauma masa lalu seperti pernah dimarahi saat makan atau dikritik berlebihan terkait dengan cara dan pola makan.

Itulah beberapa contoh phobia aneh yang mungkin jarang terdengar. Apakah Anda adalah salah satu yang mengalami macam-macam phobia aneh di atas?

Leave a Reply